RAKOR PEMBINAAN PENGURUS MGMP SMA, SMK, SLB SE KALTENG TAHUN 2023

Palangka Raya – Dalam Momentum Pelaksanaan Rapat Koordinasi MGMP SMA, SMK, SLB Provinsi Kalimantan Tengah, yang diPrakarsai oleh Bidang Pembinaan Ketenagaan (PTK) Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah yang saat ini selaku Kepala Bidang di pimpin oleh Bapak MIKELSON DAMEK, ST, MT Kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan Pengurus MGMP SMA, SMK, SLB se Kalteng yang Semula ditargetkan hadir hanya 112 orang Pengurus, menjadi 215 orang pengurus dari Kabupaten/Kota. Dilihat dari kehadiran para peserta yang melebihi 103 dari target yang dipersiapkan oleh Panitia. Namun agar pengurus yang bisa ikut serta dalam rakor tersebut, tetap difasilitasi oleh Panitia. Karena itu menurut Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan (PTK) MIKELSON DAMEK, ST, MT mempunyai Tujuan yang penting sebagai upaya Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah untuk memberikan Pembinaan kepada Pengurus MGMP SMA, SMK, SLB se Kalteng dapat melakukan sebuah perencanaan yang utuh untuk pengembangan MGMP, juga agar terjadi budaya kerja dan peningkatan profesional dari guru-guru, terciptanya umpan balik dan bertukar pengalaman bagi guru dari MGMP. Selain hal tersebut yang tidak kalah penting kegiatan ini untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari guru, terjadinya komunikasi yang baik dan terciptanya sistem penjaminan mutu dalam proses pembelajaran dalam rangka mewujudkan pelayanan pendidikan yang berkualitas.

       Mikelson Damek, ST, MT (Kepala Bidang PTK )
Ir. Herson B. Aden, M. Si (Plt.Kadisdik Prov Kalteng) 

Pada Kesempatan Rapat Koordinasi Pembinaan Pengurus MGMP SMA, SMK, SLB se Kalteng Bapak Kadisdik Prov Kalteng dalam Sambutan dan arahanya memberikan Apresiasi Kepada Bapak/Ibu Peserta Rakor Pengurus MGMP yang telah hadir mengikuti kegiatan yang sangat penting ini. Disisi lain Beliau juga mengharapkan yang perlu dipahami oleh semua Guru adalah bahwa Guru harus memiliki 4 (empat) Kompetensi Penting antara lain; Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi profesional, olehDisamping itu juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Ir.Herson B. Aden, M. Si mengharapkan kepada Guru melalui MGMP agar melakukan Reshare Studi terhadap alumni Lulusan pada Satuan Pendidikan, agar dapat diketahui ‘kemana anak-anak akan melanjutkan pendidikan selanjutnya. Sehingga Guru atau MGMP mengetahui tingkat Pemerataan Mutu dan hasil kinerja guru dalam pelaksanaan tugasnya sebagai guru dan perlu berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya sebagai langkah pencapaian tujuan pendidikan. Disamping itu menurut Herson B. Aden yang saat ini selaku Kadis Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan dalam arahanya berbagai usaha pengembangan mutu pendidikan perlu dilakukan, yaitu setiap tenaga kependidikan harus mampu meningkatkan kemampuan profesional sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Selain hal tersebut Kadisdik Prov. Kalteng Ir. Herson B. aden, M. Si mengharapkan dalam momentum ini agar dimanfaatkan sebaik-baik oleh Guru /tenaga kependidikan melalui MGMP sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme guna menuju perwujudan pengabdian yang lebih optimal dalam dunia pendidikan. Ini semua perlu dilakukan berkenaan dengan kualitas pendidikan yang dirasa perlu pengembangan. Peningkatan kemampuan profesional guru diperlukan dilakukan wadah melalui MGMP sebagai tempat untuk berkomunikasi, berkonsultasi, saling berbagai informasi dan pengalaman sesama guru. Oleh karena itu komunikasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran ini merupakan aktifitas MGMP yang optimal dan pada akhirnya diharapkan dapat menumbuhkan kegairahan guru untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan meningkatkan mutu pembelajaran sebagai guru yang profesional. Di sisi lain kadisdik Bapak Ir.Herson B. Aden, M. Si mengatakan bahwa guru perlu menyetarakan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan. Mendiskusikan permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari cara penyelesaian yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, guru, kondisi sekolah dan lingkungan. Kemudian juga dapat membantu guru dalam memperoleh informasi teknis edukatif yang berkaitan dengan kegiatan keilmuan dan Iptek, sehingga kegiatan pelaksanaan kurikulum Merdeka dengan metodologi, sistem evaluasi yang sesuai dengan mata pelajaran yang bersangkutan dapat tercapai dengan baik. karena itu Bapak Herson B. Aden menghimbau agar semua guru-guru melalui kegiatan MGMP ini harus mampu melakukan urung rembuk terhadap bagaimana mengembangkan model kompetensi yang dimiliki guru.

Peserta Rakor Pembinaan Pengurus MGMP SMA, SMK, SLB Se Kalimantan TengahSaling berbagi informasi dan pengalaman dalam rangka menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, Saya mengharapkan MGMP sebagai organisasi nonstruktural di lingkungan Pendidikan merupakan Struktur organisasi berjenjang dari tingkat Propinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan dan Sekolah yang tugas dan Fungsi untuk mengembangkan dqn Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, sehingga pada akhirnya akan mampu memberikan praktik baik sebagai upaya kita bersama dalam mewujudkan Raport Pendidikan di Kalimantan Tengah yang semakin baik @BARDIE MDC Disdik Prov. Kalteng.