SMKN 1 DENPASAR LOKUS KAJI BANDING DISDIK KALTENG*

Denpasar, 6/10/2023 MDC Disdik Kalteng – Kaji Banding Disdik Prov. Kalimantan Tengah yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari sejak 4 s.d 7 Oktober 2023 yang diikuti oleh Guru-guru yang diberikan Tugas Tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Kepala Perpustakaan, dan Guru Berprestasi dari SMA, SMK di Kalimantan Tengah  sebanyak 42 orang dan didampingi oleh 8 (Delapan) orang dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kaji Banding yang dilaksanakan di SMKN 1 Denpasar, dipimpin langsung oleh H. Juliansyah, S. PdI, M. A. P  sosok muda yang dipercaya utk memimpin selaku Kepala Bidang Ketenagaan bersama-sama yang juga didampingi oleh  Ketua Tim Kerja PTK SMA (Tito, S. Pd, M.Si) dan Jambri, S. Pd, MM selaku PPTK serta beberapa staf bidang ketenagaan Dinas Pendidikan Prov. Kalteng.

SMK Negeri 1 Global Denpasar dahulu bernama STM Negeri 1 Denpasar berdiri tanggal 24 September 1962, merupakan SMK Pusat Keunggulan yang  memiliki 11 Kompetensi Keahlian ada di Provinsi Bali dengan pengelolaan manajemen sekolah sangat bagus. Sebagai Sekolah Kejuruan SMK Negeri 1 Denpasar memiliki banyak prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik dari Tingkat Provinsi bahkan tingkat Internasional. Hal tersebut dapat dilihat dari juara-juara yang dominasi oleh SMK Negeri 1 Denpasar.

Menurut Kepala SMKN 1 Denpasar Bapak I Wayan Mustika,S.Pd,M.Pd SMK Negeri 1 Denpasar merupakan satu-satunya sekolah menengah kelompok Teknologi dan Industri negeri yang ada di Denpasar. SMK Negeri 1 Denpasar ini cukup dikenal oleh masyarakat Bali, sehingga masyarakat saling berebut kursi untuk dapat menyekolahkan putra dan putri kesayangannya.

 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Denpasar yang mengemban misi untuk mempersiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia tingkat dan menengah. dalam mempersiapkan tugas penting tersebut, SMK Negeri 1 Denpasar telah mengembangkan sumber daya, terutama mengikuti program pengembangan tenaga kependidikan baik didalam maupun diluar negeri. Sebagai konsekuensi dari investasi besar dalam sumber daya, SMK Negeri 1 Denpasar telah memperoleh mengemban kepercayaan SMK Besar Kelompok Teknologi dan Industri untuk mempersiapkan diri menuju Sekolah Berstandar Internasional. SMK yang memiliki visi menjadi sekolah berstandar mutu internasional dan misi menyiapkan tenaga terampil tingkat menengah bidang teknik Industri yang memenuhi standar kompetensi Internasional ini telah melaksanakan kegiatan ini pada bidang jasa pendidikan dan pelatihan di lima bidang keahlian yang terdiri dari sebelas program keahlian. Masing-masing program keahlian memiliki program unggulan yang diminati oleh masyarakat, lulusannya telah terserap di dunia usaha dan dunia industri.

Salah Kata Kuncinya ungkap Kepala sekolah yang akrab di sapa Wayan SMKN 1 Denpasar ” selalu Berkarya dengan Tulus Iklas, Cepat, Cerdas, inovatif, Tuntas  dan Berdikari untuk mencapai Pemajuan Ilmu Pengetahuan dengan Teknologi Kekinian.

MDC Kontributor : Bardie MDC  Disdik Kalteng