Rapat Koordinasi secara Virtual Hari Pertama Masuk Sekolah Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023

DisdikMC – Palangka Raya, pada Selasa 03 Januari 2023, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Hari Pertama Masuk Sekolah Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 yang dihadiri oleh Kepala Sekolah dan Guru SMA/SMK/SLB, Koordinator Pengawas, Pengawas dan Ketua MKKS SMA/SMK se – Kalimantan Tengah, Sekdisdik, Kabid PSMA, Kabid PSMK, Kabid PPK, Kabid PTK, Ka. UPT BTIKP dan semua Sub Koordinator Kurikulum dan Penilaian SMA, SMK, SLB serta PTK SMA, SMK, SLB secara virtual melalui zoom meeting.

Acara dimaksud dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, H.A. Syaifudi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan belajar – mengajar di hari pertama masuk sekolah semester genap T.A 2022/2023. Di hari pertama masuk sekolah ini beliau berharap sekolah tidak lagi menjalankan paradigma lama dimana siswa(i) diwajidkan melaksanakan kerja bakti, melainkan melaksanakan paradigma baru yaitu siswa(i) hari pertama masuk sekolah harusnya disambut dan diberikan pelajaran. Dan juga tidak ada guru maupun siswa yang menambah libur.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) agar dapat terlaksana dan bagi sekolah – sekolah yang belum siap melaksanakan IKM dipersilahkan untuk menggunakan Kurikulum 13. Poin berikutnya beliau mengatakan bahwa “tantangan pada tahun 2023 ini jangan dijadikan sebagai hambatan melainkan kita hadapi dengan kolaborasi dan inovasi, salah satu tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana IKM bisa diimplementasikan di semua SMA/SMK/SLB yang ada di Kalimantan Tengah,” kata beliau. “Menghadapi tantangan ini kita diberi kesempatan dengan mewujudkan Program Sekolah Penggerak. Sekolah Penggerak ini dimulai dari peran Kepala Sekolah.” Dan yang tidak kalah penting mewujudkan Guru Penggerak,” sambung beliau.

Pada rapat koordinasi ini Kepala Bidang PSMA dan Kepala Bidang PSMK memberikan arahan kepada Kepala Sekolah terkait kegiatan belajar – mengajar T.A 2022/2023 agar dapat dipersiapkan sebaik mungkin. Selain itu juga dipaparkan agenda – agenda kegiatan Tahun Anggaran 2023 yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, serta mengingatkan kembali kepada sekolah – sekolah agar pelaporan terkait bantuan – bantuan dapat disegerakan dan disampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.(vin)