Ribuan Warga Meriahkan Tour Konser Isen Mulang 2024 di Sampit, Gubernur Kalteng Tegaskan Pembangunan Berkelanjutan

Sampit – Ribuan warga memadati Taman Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat malam (6/9/2024), untuk menyaksikan Tour Konser Isen Mulang 2024, yang menjadi bagian dari Semarak Hiburan Rakyat Penuh Berkah di Bumi Tambun Bungai. Acara yang dihadiri langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, dan Ketua TP PKK Kalteng, Ivo Sugianto Sabran, ini menghadirkan tontonan yang mengangkat kekayaan budaya Kalimantan Tengah serta hiburan dari artis ibu kota, Ada Band.

Tour Konser Isen Mulang tahun ini tidak hanya menyuguhkan hiburan musik dan budaya, tetapi juga menampilkan berbagai band lokal dari Kalimantan Tengah, yang mendapat sambutan meriah dari warga yang hadir. Warga sangat antusias mengikuti acara, dengan penuh semangat menonton dan berinteraksi sepanjang acara berlangsung.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran, menyampaikan bahwa kehadirannya di Sampit juga dalam rangkaian kunjungan kerja untuk menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024 dan Jambore UMKM. Di hadapan ribuan warga, Gubernur menegaskan bahwa peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalimantan Tengah menjadi momentum penting dalam mendorong pembangunan berkelanjutan.

“Alhamdulillah, APBD kita sekarang naik. Saat pertama kali saya menjabat sebagai Gubernur di tahun 2016, APBD kita hanya sekitar Rp3,4 triliun. Sekarang, Alhamdulillah, sudah mencapai lebih dari Rp10 triliun. Dengan peningkatan ini, kita bisa membangun Kalimantan Tengah lebih baik lagi,” ungkap Sugianto Sabran.

Ia juga menegaskan pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk perbaikan dan pembangunan jalan di seluruh kabupaten/kota. “Jalan di setiap Kabupaten dan Kota itu ada jalan provinsi dan ada jalan kabupaten, dan untuk membangun semuanya memang butuh waktu. Tapi dengan peningkatan APBD ini, kita akan terus dorong percepatan pembangunannya,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sugianto juga menyempatkan diri untuk menyapa para mahasiswa yang hadir. Ia berpesan agar mereka terus fokus pada pendidikan, serta menghindari penyalahgunaan narkoba, yang dapat merusak masa depan. “InsyaAllah, dengan fokus belajar, kalian akan menjadi pemain penting dalam perekonomian Kalteng di masa depan,” katanya.

Selain itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah, Muhammad Reza Prabowo, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemprov Kalteng dalam mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat, termasuk generasi muda.

“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk memberikan hiburan berkualitas kepada masyarakat, namun yang lebih penting adalah pesan-pesan edukatif yang disampaikan oleh Bapak Gubernur. Kami di Dinas Pendidikan Kalteng terus mendukung program-program yang mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan mahasiswa, seperti yang diinisiasi oleh Pak Gubernur melalui berbagai program beasiswa dan bantuan pendidikan lainnya,” ujar Reza Prabowo.

Ia juga berharap mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai peluang dan bantuan yang diberikan oleh Pemprov Kalteng, seperti program 10.000 Mahasiswa Gratis Kuliah dan Tabungan Beasiswa (TABE) Berkah, untuk mencapai cita-cita mereka tanpa terbebani oleh masalah finansial. “Kami ingin memastikan bahwa mahasiswa Kalteng mendapat akses pendidikan yang layak dan bisa berfokus penuh pada studi mereka,” tambahnya.

Kegiatan konser dan rangkaian acara lainnya berlangsung dengan meriah dan penuh antusiasme dari masyarakat. Selain Gubernur dan Ketua TP PKK Kalteng, acara ini juga dihadiri oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, Agustiar Sabran, Kepala OJK Kalteng Primandanu Febriyan Aziz, Direktur Utama Bank Kalteng, serta sejumlah kepala perangkat daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Acara ini diharapkan dapat menjadi pemersatu masyarakat sekaligus menjadi ajang untuk meningkatkan kebanggaan terhadap budaya lokal dan memacu kreativitas masyarakat dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi kreatif dan UMKM di Kalimantan Tengah.
(Rzn/Foto: Media Disdik)