Tim PPDB Disdik Kalteng Jelaskan Mekanisme Penyesuaian Titik Koordinat untuk Pendaftaran

Palangka Raya – Tim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan (Disdik) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya memberikan kemudahan bagi calon peserta didik dalam proses pendaftaran. Aryadi Gunawan perwakilan dari tim PPDB Disdik Kalteng, menjelaskan beberapa isu teknis terkait titik koordinat tidak sesuai.

Aryadi mengungkapkan, “Titik koordinat itu sesuai alamat, terkunci dan tidak bisa dirubah. Apa yang diisi saat pra PPDB, misalnya, mereka mengupload alamat di jalan D.I. Panjaitan, tetapi titik koordinatnya tidak disesuaikan dengan D.I. Panjaitan. Memang di aplikasi Pra PPDB itu tidak bisa mendeteksi alamat itu langsung menjadi koordinat,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/6/2024).

Aryadi Gunawan (kiri) Perwakilan Tim PPDB Disdik Kalteng

Ia menambahkan, “Kemudian, angka titik koordinat pada bagian Pra PPDB itu diambil datanya dari data SMP. Kalau ada yang tidak sesuai, ubahlah koordinatnya, tapi mungkin pihak pendaftar ini karena merasa ini sudah ada angkanya, maka diteruskan pra itu. Ketahuannya pas pendaftaran koordinat tidak sesuai, jadi masalahnya itu mungkin kurang pahamnya pendaftar saja, belum sama pemahamannya,” tambahnya.

Aryadi menyebutkan bahwa untuk mengatasi permasalahan ini, Dinas Pendidikan Provinsi telah menyiapkan layanan untuk membantu pendaftar yang mengalami kesalahan dalam penentuan titik koordinat. “Untuk mengatasi permasalahan itu, dinas provinsi sudah menyiapkan layanan. Kalau misalnya titik koordinat itu salah, tidak sama dengan alamat, maka silakan melakukan ajuan terlebih dahulu. Kemudian nanti diinformasikan ke pihak sekolahnya alamat yang benar di mana, koordinat yang benar itu apa. Nanti akan disesuaikan oleh tim di Dinas Pendidikan Provinsi sehingga koordinatnya menjadi benar,” jelasnya. Selain solusi itu ada solusi lain yang ditambahkan yaitu pendaftar dapat melakukan perbaikan mandiri saat mendaftar sejak pendaftaran 25 Juni 2024.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Muhammad Reza Prabowo, juga memberikan tanggapannya terkait pelaksanaan PPDB tahun ini. “Kami memahami bahwa proses PPDB bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para calon siswa dan orang tua. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dan solusi atas setiap permasalahan yang muncul, termasuk isu teknis seperti penyesuaian titik koordinat. Kami berharap semua pihak dapat bekerja sama dan mematuhi prosedur yang ada untuk memastikan proses PPDB berjalan lancar dan transparan,” ungkapnya.

Muhammad Reza Prabowo – Plt. Kadisdik Kalteng

Dengan adanya penjelasan dan layanan ini, diharapkan para calon peserta didik dan orang tua dapat lebih memahami dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan sehingga proses pendaftaran PPDB dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Informasi lebih lanjut mengenai penyesuaian titik koordinat dan layanan lainnya dapat diakses melalui situs resmi Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah.(Rzn/Foto:Rzn)