Plt. Kadisdik Kalteng Dampingi Gubernur Kalteng Buka Pasar Murah dan Salurkan Hewan Kurban di Kotawaringin Timur

Kotawaringin Timur – Dalam upaya mendukung kesejahteraan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran adakan program Pasar Murah dan penyerahan hewan kurban di enam titik lokasi secara virtual dari Islamic Center Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat (14/6/2024). Acara tersebut juga didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Muhammad Reza Prabowo.

 

Gubernur Sugianto Sabran menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk mendukung masyarakat dalam menghadapi hari besar keagamaan. “Selain melaksanakan program pasar murah, kami juga menyalurkan 1000 ekor sapi ke 14 kabupaten/kota sebagai hewan kurban untuk menyambut Iduladha 1445 H,” ujar Sugianto.

 

Sugianto Sabran menambahkan bahwa Pasar Murah ini tidak hanya untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau, tetapi juga sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan rakyat. “Dengan anggaran yang meningkat signifikan, diperkirakan mencapai 10 triliun pada anggaran perubahan nanti, kami mengalokasikan sekitar 7 hingga 8 persen untuk program berbagi seperti Pasar Murah. Saya berharap, Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur bisa melakukan hal serupa,” imbuhnya.

Bupati Kotim, H. Halikinnor saat menyampaikan laporan kepada Gubernur Kalteng

Sementara itu, Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, memberikan apresiasi tinggi kepada Gubernur dan Pemerintah Provinsi Kalteng atas inisiatif ini. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan kepada masyarakat Kotawaringin Timur. Semoga Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas mereka,” ucap Halikinnor.

 

Seusai kegiatan saat ditemui awak media, Plt. Kadisdik Kalteng, Muhammad Reza Prabowo, menyatakan dukungannya terhadap program-program gubernur yang fokus pada kesejahteraan masyarakat. “Sebagai Kepala Perangkat Daerah, tugas kami adalah mendukung dan mengawal program-program Gubernur yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kalteng. Kami selalu siap untuk melaksanakan tugas tersebut menuju Kalteng yang semakin Berkah,” kata Reza.

 

Pasar Murah yang diluncurkan ini menyediakan paket sembako yang terdiri dari beras 10 kg dan minyak goreng 900 ml dengan nilai Rp192.500. Paket ini disubsidi oleh Pemprov Kalteng sebesar Rp172.500 dan oleh Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran, sebesar Rp20.000, sehingga paket sembako tersebut dapat dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Suasana saat diadakannya program pasar murah dan penyerahan hewan kurban

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati, bersama jajaran, Unsur Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Timur, Kepala Perangkat Daerah lingkup Provinsi Kalteng, serta Camat dan Lurah se-Kabupaten Kotawaringin Timur.

 

Dengan adanya program Pasar Murah dan penyaluran hewan kurban ini, Pemprov Kalteng berharap dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat dan memperkuat hubungan antara pemerintah dan rakyatnya.

 

Untuk diketahui, setelah menyalurkan program Pasar Murah dan penyerahan hewan kurban di Islamic Center Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur. Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran melanjutkan perjalanan dan kembali mengadakan Pasar Murah dan penyerahan hewan kurban yang di lakukan di berbagai titik lainnya, seperti di Desa Amin Jaya, Desa Pangkalan Banteng, Aula Kantor Desa Pangkalan Tiga, Kantor Desa Sungai Melawen dan Desa Bumi Harjo.(Rzn/Foto: Razikin)